selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Memilih Lokasi Strategis untuk Usaha Makanan

Ada banyak hal yang mempengaruhi sukses tidaknya sebuah usaha makanan di bangun, selain dari faktor pilihan menu, harga, dan pelayanan, ternyata lokasi juga menjadi faktor penting sebuah usaha makanan ramai dikunjungi. Walaupun untuk beberapa tempat usaha makanan hukum tersebut tidak berlaku, karena banyak juga tempat makan yang memiliki lokasi tidak strategis dan sulit dijangkau tetapi tetap saja ramai di datangi pelanggannya. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga memeperhitungkan faktor lokasi, karena bagaimanapun juga lokasi masih berperan dalam menentukan tingkat usaha yang Anda bangun.
Ada beberapa cara dalam menentukan lokasi yang tepat, salah satunya dengan cara riset. Riset trade area (kawasan perdagangan) merupakan salah satu cara untuk mengetahui secara demografis potensi usaha dan informasi yang berhubungan dengan lokai/ tempat belanja masyarakat. Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih lokasi, berikut kami berikan beberapa poin memilih lokasi strategis untuk usaha makanan
1. Kepadatan penduduk
Kepadatan penduduk merupakan hal yang juga penting untuk diperhatikan sebagai besarnya potensi pasar, walaupun bukan menjadi ukuran utama.
2. Penghasilan
Jika kepadatan penduduk tidak sebanding dengan daya beli masyarakat, maka lokasi tersebut tidak tepat sebagai tempat usaha. Untuk itu cermati penghasilan rata-rata masyarakat sekitar calon empat usaha Anda.
3. Jumlah usaha
Perhatikan calon lokasi usaha, apakah jumlah usaha yang sejenis dengan Anda sudah banyak atau justru masih jarang. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan agar resiko persaingan usaha yang Anda bangun tidak terlalu besar.
4. Tempat
Tempat memiliki beberapa tipe seperti lingkungan kampus/ sekolah, perumahan, pinggir jalan atau bahkan di sekitar pusat perbelanjaan. Hal ini berkaitan dengan target pasar yang Anda bidik, agar tidak salah sasaran
5. Jumlah Traffic
Jumlah traffic merupakan jumlah kendaraan yang melewati lokasi tersebut setiap harinya. Dan perlu diperhatikan apakah kendaraan yang melintas tersebut memiliki potensi untuk melihat dan berhenti ke tempat usaha yang Anda bangun? Jangan sampai lokasi tersebut merupakan tempat yang tidak memungkinkan bagi pengendara mobil atau motor untuk melihat bahkan mampir ke tempat usaha Anda.
6. Pusat keramaian
Jika lokasi berada di pusat keramaian, seperti sekolah/ kampus, rumah sakit atau mall, usahakan pilih tempat yang sering di lalui banyak orang seperti tempat menunggu jemputan, angkutan atau tempat tunggu yang digunakan orang menunggu teman atau keluarga yang sedang melakukan aktivitas di salah satu pusat keramaian tersebut.
7. Akses karyawan
Hal ini berhubungan dengan jarak tempuh bagi karyawan Anda. Untuk itu lokasi sebaiknya tidak terlalu jauh terutama untuk karyawan utama Anda.
8. Kompetisi
Perhatikan tingkat persaingan/ kompetisi yang ingin Anda jalankan. Jika calon lokasi tersebut sudah terlalu bosan dengan usaha sejenis dengan usaha yang akan Anda jalankan bisa jadi hal ini menjadi lokasi yang tidak strategis bagi Anda.
Itulah beberapa poin yang dapat Anda perhatikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan lokasi bagi usaha yang akan Anda bangun, agar tidak salah sasaran dan yang pasti bisa didatangi banyak pengunjung. Jika sudah menentukan lokasi yang tepat, saatnya Anda fokus pada produk, dan pelayanan yang akan menambah poin bagi usaha Anda. Selamat berkarya dan salam sukses.
sumber gambar: http://stat.ks.kidsklik.com/files/2010/01/img_36841.jpg & https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidbcandNRgTmj858Ex36dJwoszBkIP9qB4uVAouXAv1P7nGq46JpyQq1Ad2YwJhwa_NwzwB-63-9Epoa-liti4kqa224LqQ7QPpQSo8DgnbEuJIKMUsiJ0r2EUaTRslIWz2hpFmCijf5Q/s320/02072009213.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar